Senin, 22 Februari 2016

Mahasiswa Public Relations Universitas Presiden Kampanyekan Peduli Internet Rakyat (PINTAR)


CIKARANG—Mahasiswa Ilmu Komunikasi Program Studi Public Relations angkatan 2013 Universitas Presiden akan menyelenggarakan kegiatan sosial penyuluhan dan pelatihan internet bertajuk PINTAR (Peduli Internet Rakyat) pada tanggal 21—26 Februari 2016 di Desa Labansari, Cikarang Timur, Jawa Barat.

Kegiatan sosial PINTAR bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sosial, dan pendidikan Desa Labansari melalui edukasi internet. Kegiatan ini juga merupakan salah satu aktivitas pembelajaran dalam mata kuliah Public Relations Campaign, Public Relations Production, dan Public Relations Online bagi mahasiswa Program Studi Public Relations Universitas Presiden.

Selain itu, 23 orang panitia PINTAR yang terdiri dari mahasiswa Public Relations reguler pagi dan reguler malam juga akan membangun Gubuk Internet, sebuah rumah internet yang berlokasi di bekas gedung PKK yang sudah tidak terpakai di Kantor Desa. Gubuk Internet akan memiliki minimal lima komputer dan di sana warga Desa Labansari dapat mengakses internet tanpa biaya selama 6-12 bulan. Selanjutnya, pemanfaatan dan pengelolaan Gubuk Internet ini akan dibantu oleh Aparat Desa Labansari.

Suparja, Sekretaris Desa Labansari, mengatakan, Kepala Desa Labansari dan jajarannya sangat mendukung kegiatan PINTAR. “Kan, fasilitasnya pun sudah disiapkan dan kegiatan ini juga ada manfaatnya bagi warga. Jadi, kami sangat mendukung,” ungkap Suparja.

“Desa Labansari dipilih karena desa ini terletak di Kabupaten Bekasi yang memiliki Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar se-Jawa Barat, tetapi ironisnya karena berada di perbatasan, desa ini menjadi kurang diperhatikan. Pemerintah membantu dalam hal infrastruktur jalan antarkampung, sedangkan aspek pemberdayaan masyarakat belum terlalu disentuh,” papar Dindin Dimyati, dosen pengampu mata kuliah Public Relations Production sekaligus Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Presiden.

“Dengan aktivitas pembelajaran ini, mahasiswa diharapkan mampu merancang program komunikasi sesuai dengan tuntutan kompetensi berdasarkan kurikulum baru,” tambah Dindin.

Pheseline Felim selaku Ketua Pelaksana PINTAR mengaku bersyukur ada banyak pihak yang tertarik untuk membantu dan bekerja sama meski kegiatan sosial ini dipersiapkan dalam waktu singkat, yakni kurang dari dua bulan. “Saya sangat berterima kasih kepada Universitas Presiden, PT Jababeka Tbk., Dekan Fakultas Humaniora, semua dosen Ilmu Komunikasi Universitas Presiden, pihak sponsor, dan semua media partner yang sudah bersedia mendukung acara ini,” ungkap Pheseline.

Rangkaian kegiatan PINTAR akan berlangsung berturut-turut dengan pembukaan acara pada Minggu, 21 Februari 2016 dan penutupan acara sekaligus peresmian Gubuk Internet pada Jumat 26 Februari 2016.

0 komentar:

Posting Komentar